SUARA INDONESIA SAMPANG

Ini Alasan Bupati Sumenep Ngotot Dorong Reaktivasi Jalur KA Madura

Wildan Mukhlishah Sy - 15 February 2023 | 12:02 - Dibaca 1.04k kali
Pemerintahan Ini Alasan Bupati Sumenep Ngotot Dorong Reaktivasi Jalur KA Madura
Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUMENEP- Bupati Sumenep Achmad Fauzi, secara konsisten terus mendorong reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Madura, Rabu (15/2/2023). 

Bahkan hal itu, disampaikan secara langsung di depan Ketua Badan Anngaran DPR-RI M.H Said Abdullah, saat berkunjung ke Sumenep beberapa waktu lalu. 

Bukan tanpa alasan, Fauzi menilai upayanya tersebut semata-mata sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengkatrol perekonomian masyarakat luas. 

Menurutnya, Sumenep dan Madura secara umum memiliki beragam komuditi unggulan, seperti garam, jagung dan daging sapi yang dapat diekspor ke berbagai daerah di Indonesia.

“Dengan aktivnya kembali jalur kereta api Madura, saya rasa akan mempermudah kegtiatan ekspor komuditi yang kami miliki,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dirinya juga mengatakan, dengan pengaktivan kembali jalur KA Madura, dapat membawa efek domino, yakni Madura akan mampu untuk memenuhi target swasembada pangan yang digagas oleh Presiden Joko Widodo. 

Hal tersebut dikarenakan, terdapat kemungkinan terbentuknya efisiensi aliran produk dari komuditas unggulan di Madura, menuju wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbang Kertosula).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Sumenep itu menuturkan kontribusi Madura dalam merealisasikan swasembada pangan, juga membawa pengaruh yang positif dalam penurunan kemiskinan dan peningkatan indeks pengembangan manusia (IPM) masyarakat Madura.

“Konektivitas dengan kawasan metropolitan juga akan semakin kuat,” tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya