SUARA INDONESIA SAMPANG

Ikan Bandeng Desa Marparan, Sangat Terkenal di Kalangan Masyarakat Sampang

Hoirur Rosikin - 19 February 2023 | 13:02 - Dibaca 2.23k kali
Kuliner Ikan Bandeng Desa Marparan, Sangat Terkenal di Kalangan Masyarakat Sampang
Bandeng Desa Marparan Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Foto; Rosy/Suaraindonesia.co.id)

SAMPANG - Kabupaten Sampang selain terkenal dengan nama kota bahari, Sampang juga memiliki keunikan dari pembudidaya ikan bandeng.

Di mana ikan Bandeng yang ada di Kabupaten Sampang memiliki ke enakan yang tidak tertandingi.

Bandengnya yang terkenal enak, terletak di Kecamatan Sreseh, Desa Marparan dan Desa Junok. Kedua Desa tersebut saling berdempetan, tapi untuk Desa Marparan adalah sebuah Desa yang di kelilingi oleh sungai.

Akan tetapi di balik itu dua Desa tersebut menyimpan ciri khas ikan bandeng yang menurut masyarakat luas, ikan Bandeng dua Desa tersebut sangat nikmat.

Menurut salah satu Pak Rohli 50 tahun masyarakat pembudidaya ikan Bandeng Asal Junok, dalam membudidayakan ikan bandeng, masih menggunakan tradisi Kono yang tidak menggunakan obat tambak yang mengandung bahan kimia terlalu tinggi.

"Artinya kami sendiri dalam merawat tambak ikan bandeng dengan cara yang alami, sehingga kualitas ikan bandeng beda dengan Bandeng lainnya, dan di dukung dengan air asin sungai yang masih terjaga," Ucapnya, Minggu (19/02/2023).

Tapi dirinya menambahkan, yang paling terpenting harus menjaga kualitas tanah tambah agar tetap stabil, dengan melakukan penjemuran dan pemupukan yang inten setalah panen.

"Karena akan membuat Bandeng cepat besar, dan ikan lebih nikmat ketika di santap," jelasnya.

Selain itu, Kepala Kecamatan Sreseh Arif Purna Hermawan menjelaskan, tentang Bandeng Desa Marparan dan Junok memang sangat beda dengan ikan bandeng lainnya.

"Saya pernah makan ikan Bandeng dua Desa tersebut saat kunjungan kerja, sangat enak sekali, dan beda dengan Bandeng lainnya," katanya Saat di wawancara oleh SuaraIndonesia.co.id, Minggu (19/02/2023).

"Apalagi Bandeng Desa Marparan dan Junok ini di panggang dan dilumuri kecap, tidak ada duanya," katanya.

Karena saya pernah makan ikan Bandeng yang bukan dari dua Desa tersebut, sangat beda rasanya, lebih enak dari dua Desa tersebut.

"Kualitas ikan bandeng yang di miliki Desa Marparan dan Desa Junok memang harus di jaga, agar tetap di kenal ikan bandengnya, apalagi ikan tersebut dari Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang," pungkasnya.

Dirinya sangat bangga Di Kecamatan Sreseh ada Desa yang mempunyai potensi dalam membudidaya ikan Bandeng.

"Agar dua Desa tersebut terus menjaga kualitas ikan Bandeng dan terung mengembangkan dalam berternak Bandeng kedepannya, agar terus di kenal sampek keluar Madura," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya