SUARA INDONESIA SAMPANG

Serangan Tikus Bikin Trouble Lampu PJU di Sampang

Hoirur Rosikin - 28 August 2023 | 09:08 - Dibaca 737 kali
Peristiwa Serangan Tikus Bikin Trouble Lampu PJU di Sampang
Lampu PJU jalan lintas kabupaten di Kecamatan Sreseh, Sampang yang rusak diserang tikus. (Hoirur Rosikin/Suaraindonesia.co.id)

SAMPANG, Suaraindonesia.co.id - Banyak lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) bermasalah di Kabupaten Sampang. Kerusakan bahkan lampu mati terjadi di daerah pesisir Kecamatan Sreseh dan Pengarengan yang diduga akibat serangan tikus.

Lampu PJU yang baru dipasang, tiba-tiba mati mendadak. Warga Desa Noreh, Kecamatan Sressh, Ahmad (29), menyebut gangguan pada lampu PJU disebabkan hama tikus.

"Sekarang tikus dimana-mana, mungkin karena sedang musim panas, tikus keluar semua dan menjalar ke semua benda," ungkapnya, Senin (28/08/2023).

Sementara Kasi teknis sarana dan prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang, Hery Budiono menyampaikan, gangguan pada lampu PJU biasanya disebabkan oleh faktor cuaca, khususnya daerah Sampang di sepanjang pesisir.

"Daerah pesisir itu angin sangat kencang, sehingga mati lampu PJU," ungkapnya.

Namun, Hery Budiono tak menyangkal jika gangguan pada lampu PJU itu juga disebabkan oleh tikus yang memakan kabel.

"Biasanya yang paling sering ada laporan gangguan itu, pada saat musim penghujan. Disebakan pohon tumbang dan angin kencang," terangnya.

Pihaknya, kata Hery, akan segara melakukan penebangan pohon saat musim kemarau ini, untuk antisipasi saat musim hujan tiba.

"Kami sudah melakukan kontroling ke setiap titik yang rawan gangguan terhadap lampu penerangan jalan umum yang ada di seluruh Kabupaten Sampang," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya